Wednesday, August 1, 2018

Tempat Wisata Terbaik di Dataran Tinggi Dieng

Dataran Tinggi Dieng atau Dataran Tinggi Dieng adalah daerah pegunungan yang terletak di Jawa Tengah, Indonesia. Dataran Tinggi Dieng secara administratif termasuk dalam dua kabupaten di Wonosobo dan Banjarnegara. Di daerah Dieng, ada berbagai macam fenomena alam yang aneh serta pemandangan yang indah yang menarik banyak wisatawan untuk mengunjungi berbagai jenis objek wisata di Dieng. Menurut sumber dari Wikipedia, Dataran Tinggi Dieng adalah kompleks gunung berapi aktif dan dianggap sebagai gunung berapi raksasa yang memiliki beberapa puncak dan kawah. Hal ini menyebabkan daerah dataran tinggi Dieng terjadi berbagai macam letusan dan fenomena alam vulkanik yang sangat menarik untuk dipelajari.

Tempat Wisata Terbaik di Dataran Tinggi Dieng
Tempat Wisata Terbaik di Dataran Tinggi Dieng

Selain terkenal dengan pemandangannya yang indah dan unik, Dataran Tinggi Dieng Jawa juga terkenal dengan pertanian dan agrowisata yang menarik. Tempat wisata di Dataran Tinggi Dieng terkenal akan penghasil kentang di Jawa Tengah. Kentang dari daerah Dieng telah dinikmati di berbagai daerah di Indonesia.

Selain itu, Dieng Indonesia juga terkenal sebagai penghasil Purwaceng (Purwoceng) dan Carica yang sudah terkenal di mana saja. Sebagai pengingat, Purwaceng adalah sejenis tanaman semak yang digunakan sebagai ramuan bergizi untuk meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh. Sementara Carica adalah tanaman endemik di Dieng yang memiliki buah seperti pepaya tetapi memiliki tekstur lebih kenyal, sehingga sangat lezat jika buahnya disajikan sebagai permen dan minuman campuran.

Tempat Wisata di Dieng
Tempat wisata di Dieng yang akan kita bahas di sini adalah perpaduan tempat wisata yang berada di wilayah Wonosobo dan Banjarnegara. Berikut adalah 10 tempat wisata di Dataran Tinggi Dieng Indonesia yang paling menarik untuk dikunjungi selama liburan Anda di Indonesia dan Jawa Tengah.

1. Bukit Sikunir

Bukit Sikunir terletak di Desa Sembungan, yang merupakan bukit yang memiliki panorama indah matahari terbit. Matahari terbit di Dieng menjadi salah satu objek wisata andalan di Dataran Tinggi Dieng. Untuk waktu terbaik untuk menikmati matahari terbit adalah sekitar bulan Juli-Agustus di mana bulan itu adalah musim kemarau sehingga langit akan terlihat bersih dan tidak ada hujan.

Tetapi karena pemandangannya adalah matahari terbit, Anda harus datang ke tempat pengamatan Bukit Sikunir Dieng saat fajar atau dini hari. Biasanya, para wisatawan akan menginap di penginapan, homestay atau hotel yang terletak di kawasan Dieng Wonosobo.

2. Telaga Warna

Tujuan wisata lain di Dieng yang tak kalah indah di daerah Dieng adalah Telaga Warna. Telaga Warna terletak di ketinggian 2000 m di atas permukaan laut, di mana pemandangan di tempat ini sangat indah. Telaga Warna Dieng memiliki keunikan tersendiri dibandingkan dengan danau atau waduk lain di Indonesia.

Sisi unik Telaga Warna Dieng memiliki cat air yang sering berubah, terkadang merah, hijau, biru, putih, dan sebagainya. Fenomena alam yang unik di Telaga Warna Dieng adalah karena danau ini mengandung sulfur tinggi. Saat terkena sinar matahari, belerang akan menyebabkan warna lain.

3. Kawah Sikidang

Seperti sudah dijelaskan di awal artikel bahwa Kawasan Wisata Dieng ini sebenarnya adalah gunung berapi raksasa yang masih memiliki aktivitas vulkanik di sana. Salah satu tanda dari aktivitas gunung berapi ini adalah adanya beberapa kawah di Kompleks Gunung Berapi Dieng. Salah satu kawah di Dieng adalah Kawah Sikidang.

Kawah ini memiliki luas sekitar 200 m2 dan terletak di tanah datar sehingga pengunjung dapat dengan jelas melihat gumpalan asap yang keluar dari kawah ini. Namun hati-hati, Kawah Sikidang mengandung kadar belerang yang tinggi, sehingga untuk menjaga keamanan pengunjung, pengelola telah membangun pagar pembatas di sekitar lokasi kawah, meski hanya menggunakan kayu.

4. Gunung Prau

Area pendakian Gunung Prau adalah tempat wisata yang dikhususkan bagi Anda yang suka pendakian gunung atau pecinta alam. Sama seperti pendakian lainnya, untuk membuat pendakian ke Gunung Prau membutuhkan persiapan lebih, terutama kesiapan fisik para pendaki.

Gunung Prau tidak populer jika dibandingkan dengan pendakian gunung di sekitar seperti Sindoro, Sumbing, Merapi. Namun, Gunung Prau memiliki keistimewaan tersendiri dan memiliki pemandangan yang sangat indah. Pendakian Jalaur dapat dicapai dari Kendal atau dari Wilayah Dieng.

Gunung Prau memiliki ketinggian sekitar 2.565 mdpl, cukup pendek dibanding gunung-gunung lainnya. Satu tempat di Gunung Prau yang terkenal adalah Teletubbies Hill, di mana di bukit ini terdapat hamparan padang rumput hijau yang menyerupai pengaturan serial anak-anak Teletubbies di televisi.

5. Telaga Pengilon

Tidak lengkap ketika mengunjungi Telaga Warna tetapi tidak ke Telaga Pengilon. Telaga Pengilon adalah sebuah danau yang terletak berdekatan dengan Telaga Warna di dataran tinggi Dieng. Uniknya meskipun terletak berdekatan, Telang Pangilon Dieng ini memiliki karakteristik berbeda dengan Telaga Warna.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon