Saturday, January 26, 2019

HAL YANG MENARIK DI MAKASSAR

Makassar, ibukota Sulawesi Selatan, telah menjadi pusat perdagangan sejak awal abad keenam belas. Sebagai salah satu kota bisnis tersibuk di Indonesia, Makassar mendapat banyak pengunjung. Meskipun diabaikan sebagai tujuan wisata, ada banyak hal yang dapat dilakukan di Makassar. Dengan akar sejarah yang kuat, banyak makanan lezat, dan juga pemandangan yang menakjubkan, ada banyak alasan untuk menjadikan Makassar kandidat tempat liburan Anda berikutnya. Berikut adalah beberapa hal terbaik yang dapat dilakukan di dan sekitar Makassar.

HAL YANG MENARIK DI MAKASSAR
HAL YANG MENARIK DI MAKASSAR

1. Tangkap matahari terbenam di Pantai Losari
Pantai Losari adalah tempat matahari terbenam yang populer bagi penduduk setempat berkat matahari terbenam yang dramatis dan menakjubkan. Ada area umum yang besar di mana Anda akan menemukan anak-anak di sepatu roda inline, orang-orang menikmati pemandangan laut dan keluarga menikmati alam bebas. Itu adalah tempat yang bagus untuk menonton orang. Selain matahari terbenam, pastikan untuk mengunjungi Masjid Terapung Amirul Mukminin, yang berjarak 5 menit berjalan kaki dari Pantai Losari.

2. Temukan peninggalan Belanda di Benteng Rotterdam
Makassar atau Ujung Pandang berasal dari awal abad ke-15. Selama perang dengan Belanda, I Mallombasi Muhammad Bakir Daeng Mattawang Karaeng Bonto Mangape, lebih dikenal sebagai Sultan Hasanuddin, menandatangani benteng sebagai bagian dari perjanjian damai. Ketika Belanda menduduki benteng ini, mereka mengubah nama dari Ujung Pandang ke Benteng Rotterdam.

Benteng masih terpelihara dengan baik dan merupakan area yang bagus untuk berkeliaran dan menjelajah. Dekat dengan pintu masuk, di sebelah kiri, ada area yang bisa Anda panjat, dan nikmati pemandangan Pantai Losari. Di dalam benteng, Anda akan menemukan Museum La Galigo.

3. Benteng Somba Opu Sultan
Benteng Somba Opu berasal dari periode yang sama dengan Benteng Rotterdam. Setelah penandatanganan Perjanjian Bungaya pada 1667 antara Kesultanan Gowa dan Belanda Somba Opu Fort menjadi tempat kerajaan untuk raja.

Kunjungan ke Pelabuhan Somba Opu kurang terpelihara dengan baik daripada Benteng Rotterdam. Dalam perjalanan ke Benteng Somba Opu Anda harus melewati Taman Penemuan Gowa (semacam taman air). Jalan menuju benteng tidak terawat. Ketika Anda tiba, Anda akan melihat sisa-sisa reruntuhan benteng, meriam, museum dua lantai dan juga beberapa rumah tradisional. Layak dikunjungi dan salah satu hal menarik yang dapat dilakukan di Makassar jika Anda berencana berada di kota selama beberapa hari.

4. Bergabunglah dalam Car Free Day
Setiap hari Minggu di Makassar kota ini mengadakan hari bebas mobil. Area bebas mobil di kota ini termasuk Pantai Losari, Jalan Sudirman dan beberapa titik lainnya juga. Pagi adalah kesempatan besar untuk mengambil alih jalan-jalan sibuk di Makassar dan melakukan kegiatan seperti jogging, bersepeda, dan menikmati wisata kuliner yang mudah. Jangan khawatir jika Anda lapar, ada banyak gerai kecil yang menjual berbagai hidangan khas kota.

5. Olahraga air di Pulau Kodingareng
Jika Anda mencari beberapa hal santai untuk dilakukan di Makassar Anda harus mengunjungi Pulau Kodingareng. Pulau ini berjarak 45 menit naik perahu dari Pelabuhan Bangkoang Makassar. Tidak ada kapal umum untuk pergi ke pulau itu, jadi jika Anda ingin mengunjungi Anda harus mengatur perahu Anda sendiri. Mudah mengaturnya dari pelabuhan (biayanya sekitar Rp 500.000).

Di Pulau Kodingareng, Anda dapat melakukan olahraga air seperti snorkeling, bermain jet ski, atau sekadar berjemur. Ada juga beberapa tempat snorkeling 10 menit dari pulau jika Anda ingin menjelajahi dunia bawah laut.

6. Selamat makan siang di Pulau Samalona
Jika Anda berencana untuk mengunjungi Kodingareng maka Anda juga harus pergi ke Pulau Samalona. Pulau ini berjarak 30 menit naik perahu dari Makassar dan merupakan tempat yang bagus untuk menikmati makan siang makanan laut yang lezat dari beberapa penduduk setempat yang tinggal di Pulau Samalona. Pastikan untuk mencoba cumi tinta hitam, yang lezat!

Beberapa hal yang baik untuk dilakukan ketika Anda mengunjungi pulau ini termasuk lebih banyak snorkeling di Pulau Samalona terdekat atau berjalan-jalan di sekitar pulau. Btw, ada sebuah kios di pulau tempat Anda bisa menyewa peralatan snorkeling.

7. Waktu pencuci mulut dan makanan ringan di Makassar
Makanan dari Makassar terkenal di seluruh Indonesia karena makanan penutupnya yang manis. Salah satu hidangan paling terkenal adalah Es Pisang Ijo. Hidangan ini terbuat dari pisang yang dibungkus adonan hijau dan disajikan dengan serutan es, sirup, dan puding. Salah satu tempat terbaik untuk mencoba hidangan adalah RM Muda Mudi, yang terletak di Jl. Rusa No.45 A.

Pilihan gurih untuk dicoba adalah Jalangkote, camilan khas Makassar yang mirip puff pucat. Jalangkote disajikan dengan saus cuka dan cabai. Puff Jalangkote diisi dengan wortel dan kentang yang dipotong dadu, tauge dan bintil beras. Anda dapat menemukan Jalangkote di banyak restoran dan warung pinggir jalan.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon